Preprint / Version 1

PERSEPSI ORANG TUA DALAM MEMANFAATKAN DURASI PENGGUNAAN GADGET UNTUK ANAK USIA DINI SAAT SITUASI PANDEMI COVID-19

Indonesia

##article.authors##

Keywords:

durasi penggunaan gadget, gadget, anak usia dini, pandemi covid-19

Abstract

Akibat pandemi COVID-19 mewajibkan anak-anak agar belajar di rumah karena diberlakukannya lockdown dan physical distancing. Seluruh sekolah memberlakukan belajar dengan sistem daring/online/jarak jauh. Akibatnya, gadget menjadi media primadona dalam mengatasi masalah bagi anak-anak untuk mengerjakan tugas dari guru. Adapun tujuan penelitian untuk mendeskripsikan persepsi orang tua dalam memanfaatkan durasi penggunaan gadget untuk anak usia dini saat situasi pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber datanya adalah para orang tua di Padangsidimpuan. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data diperoleh dari informan melalui media sosial online. Analisis data dilakukan dengan cara deskriptif. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Alat bantu penelitian menggunakan android atau smartphone. Hasil penelitian menunjukkan bahwa memanfaatkan durasi penggunaan gadget pada anak usia dini saat situasi pandemi COVID-19 sudah cukup baik, karena para orang tua melaksanakan 3D (dibutuhkan, didampingi, dipantau) sehingga anak-anak menggunakan gadget untuk belajar, main game, dan menonton berdurasi selama 1-3 jam/hari. Selain itu, adanya harapan orang tua kepada pihak sekolah untuk tidak harus memberikan selalu tugas dan menghimbau guru agar melakukan pembelajaran kepada anak didiknya dengan memberikan video terkait materi pelajaran dengan mengirim ke WhatsApp para orang tua.

Downloads

Posted

2020-06-02